Beranda

Selasa, 10 Mei 2011

Rubik Layanan

Pelayanan adalah Tujuan
sumber: bapak Sukron


Kesadaran akan pentingnya servis saat sekarang memang tidak lagi diperdebatkan. Maju tidaknya bisnis sangat bergantung dari bagaimana sentimen pelanggan pada perusahaan. Melihat hal itu RSIA Bunda Jakarta mengadakan pelatihan service excelence. Lalu seperti apakah pokok materi dan tindaklanjut pelatihan ini.
Salah satu cara untuk memperoleh dan mempertahankan pelanggan adalah dengan pemberian
pelayanan prima (service excellence--SE) kepada setiap pelanggan. Pelayanan prima merupakan suatu pelayanan yang dilaksanakan perusahaan untuk
memberikan rasa kepuasan dan menumbuhkan kepercayaan pihak pelanggannya. RSIA Bunda Jakarta merasa perlu untuk melakukan pengajian ulang keberhasilan SE di RSIA Bunda Jakarta.
Metode Pelatihan
RSIA Bunda Jakarta menggunakan metode partisipatif, edukatif dan menghibur dalam memberikan pelatihan. Program dibuka dengan permainan terbimbing dillanjutkan dengan penjelasan pendek, diskusi kelompok, presentasi peserta, bermain peran, demonstrasi dan penjelasan konsep materi yang disajikan.
Materin
Selama program pelatihan yang berlangsung delapan hari seluruh peserta mendapatkan materi-materi sebagai berikut :
1. Pengantar etos kerja positif.
2. Pengantar service Excellence.

3. Mengenal dan memahami pelanggan.
4. Citra diri positif.
5. Komunikasi efektif.
6. Menangani krisis customer service.
7. Memelihara konsistensi customer service.
8. Sertifikasi Program.
Program Lanjutan
1. Mengadakan Internal coordinator Meeting untuk membahas tentang masalah-masalah service, baik terhadap sesama internal atau eksternal customer.

2. Mengadakan service excellence alumni gathering. Hal ini bertujuan para alumni program pelatihan dapat saling melakukan sharing tentang prestasi terbaru      apa saja dibidang customer service.
3. Melakukan passing thru kepada beberapa alumni terbaik.
4. Mengadakan Moment of Truth Contest yang terjadi di dalam lingkungan perusahaan, baik internal atau eksternal customer. Kegiatan ini menjadi wahana dan      wadah bagi perusahaan untuk mengetahui dan menciptakan adanya hasil-hasil positif dari pelatihan.
5. Melaukan design dan pemasangan poster motivasi. Hal ini bertujuan terciptanya Moment of truth positif dan moment of wow untuk menjaga dan      mempertahankan konsistensi pelayanan baik secara internal maupun eksternal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar