Beranda

Selasa, 10 Mei 2011

Bunda Hospital Jakarta General Wing


Rumah Sakit Bunda Jakarta merupakan salah satu unit pelayanan jasa
kesehatan dan kedokteran yang terdepan di Jakarta. RS ini bergerak
dalam bidang pelayanan wanita dan anak. Sejarah yang panjang telah
membina suatu kultur pelayanan yang tersegmentasi dengan mutu
dan kualitas yang berada pada prioritas utama.

Dr. Ivan. R. Sini, SpOG

Masyarakat telah mengenal RS Bunda dengan berbagai macam produk jasa yang mempunyai kekhususan yang didukung dengan professional kedokteran yang terampil dan mempunyai kualifikasi tinggi. Kualitas pelayanan keperawatan juga merupakan prioritas pengembangan dengan tujuan menciptakan kenyamanan dan menjaga profesionalisme pelayanan paramedik yang komprehensif.
     Mengingat masih tingginya angka eksodus pasien keluar negeri yang merupakan cerminan berbagai problem yang multikompleksial, disadari perubahan pelayanan itu hanya dapat dimulai dari internal rumah-sakit dan professional yang terkait itu sendiri.
      Beberapa laporan menunjukkan angka yang luar biasa besar sebagai nilai devisa negara yang terbuang ke luar negeri yang terkait dengan pelayanan jasa kesehatan. Bila hal ini bisa dikurangi subsidi silang pelayanan kelas menengah ke bawah dapat ditingkatkan.
      Group RS Bunda melalui Bundamedik Healthcare System menyadari sepenuhnya hal ini. Bundamedik Healthcare System merasa layak untuk berperan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan tersedianya pelayanan kedokteran yang bermutu tinggi di Indonesia khususnya di Jakarta.
      RS Bunda Jakarta dengan peran khusus dibidang pelayanan ibu dan anak telah mempertimbangkan, pelayanan yang memprioritaskan pasar menengah ke atas membutuhkan kelengkapan variasi dan modalitas alat dan perlengkapan
medis. Namun, untuk memperluas jaringan pelayanan ini diperlukan perhitungan dan analisa yang matang agar pelayanan ini menjadi suatu sistem rumah sakit yang komprehensif.
      RS Bunda Jakarta mempunyai beberapa produk jasa unggulan yang terkait banyak dengan teknologi kedokteran terkini. Mengikuti visi dan misi PT Bundamedik sebagai pemilik unit operasional RS Bunda Jakarta, yaitu menjadikan kelompok
rumah-sakit di bawah PT Bundamedik yang mengorentasikan kepada pelayanan dengan acuan teknologi tinggi dan pelayanan yang berkualitas tinggi, RS Bunda Jakarta telah mempersiapkan pengembangan lebih lanjut kearah teknologi medis terapan yang terkait dengan kesehatan dan gaya hidup (Health and Lifestyle).
      Guna membuat suatu perhitungan pengembangan produk yang sensible dirasakan perlu untuk memperluas cakupan pelayanan terutama kearah pelayanan kedokteran yang lebih bersifat umum. Dan untuk tetap mempertahankan karakteristik RS Bunda sebagai institusi ibu dan anak, perencanaan ini telah mencakup pemisahan gedung dan infrastruktur yang melayani WANITA, ANAK dan UMUM.
      Sejak Februari 2010 RS Bunda Jakarta telah memulai penanaman batu pertama sebagai awal dari proses pembangunan wing umum di Jalan Cik Ditiro No. 21 Menteng. Pembangunan ini telah mempertimbangkan perencanaan yang mencakup pelayanan umum yang akan menjadi produk unggulan baru bagi RS Bunda Jakarta.
      Tahapan pembangunan ini dikontrol oleh kontraktor internal yang dikepalai oleh Dr Rizal Sini dan Ibu Cut Syarifah. Mengingat lahan yang relatif terbatas dengan ukuran 2.400m2, tim arsitek dan kontraktor telah mempertimbangkan faktor efisiensi untuk memenuhi kebutuhan RS umum yang komprehensif.
      Bangunan ini akan mempunyai tujuh lantai yang akan dioperasionalkan secara bertahap. Konstruksi bangunan telah berjalan selama 12 bulan dan Topping Off akan dilaksanakan pada 12 April 2011. Setelah ini sesuai dengan rencana utilisasi lantai perlantai akan dimulai dan diharapkan selesai pada kuarter akhir tahun 2011.
      Wing umum RS Bunda Jakarta ini akan memprioritaskan pelayanan dengan support alat kesehatan yang berteknologi tinggi. Teknologi Diagnostic Imaging seperti CT Scan, MRI, Digital Xray, Angiogram dan Minimal invasive laparoscopy akan menjadi tumpuan utama produk jasa medik yang akan dikembangkan.
      Pelayanan umum akan menjadi fokus utama dimana kecepatan adminsitrasi dan efisiensi pelayanan keperawatan akan sangat dibantu dengan adanya sistem komputerisasi pelayanan yang telah dibangun bersama Tim IT RS Bunda dengan Tim dan FIK/Fisilkom UI. Sistem integrasi yang online akan menambah kenyamanan client.
      Profesionalisme dokter dan keperawatan terus di bina, program rekrutmen perawat terampil telah dimulai sejak tahun 2010. Sosialisi pengembangan ini telah dilakukan pada para dokter yang mempunyai konsep dan pandangan yang tidak terbatas pada pelayanan masa sekarang. Tetapi diharapkan bahwa dokter akan membina profesionalismenya melalui praktek berkelompok (group practice). Dalam kondisi persaingan bebas, dokter Indonesia harus siap bersatu dalam praktek berkelompok dengan menghargai konsep ekonomi dan persaingan sehat diantara sesama sejawat. RS Bunda mempunyai kepentingan dalam berperan agar dokter Indonesia menjadi kelompok professional yang dihargai sepantasnya oleh masyarakatnya sendiri.
      Konsep yang nasionalis ini telah disosialisasikan kepada berbagai pihak dan usulan agar Jakarta mempunyai ICON baru dalam pelayanan perumahsakitan banyak mendapatkan sambutan. MENTENG HEALTH BOULEVARD akan segera menjadi bagian dan rangkaian upaya menjadikan Jakarta sebagai MEDICAL HUB bagi masyarakat Indonesia.

1 komentar:

  1. Tambah tenaga ORTOTIS PROSTETIS donk....:http://gspotcom.blogspot.com

    BalasHapus